Selasa, 10 Desember 2013

Cara Ekspor dan Import Database MySql di phpMyAdmin

Ane juga baru belajar data base niiihhh kawan,,ane juga masih banyak kaga tau..tapi ane ada tutorial ini,mudah mudahan bermanfaat.Sape tau dari ente sekalian bakal ada yang jadi admin data base..Amiiinn. :)


Cara Ekspor dan Import Database MySql di phpMyAdmin yang akan dibahas pada postingan hari ini. Ekspor dan Import tidak hanya untuk makanan atau barang saja yang di eksport ke luar negeri maupun import dari luar negeri   tapi database pun bisa di ekspor dari satu server ke server lain tentunya dalam bahasan ini dengan menggunakan phpMyAdmin. Sebelumnya saya telah memposting dua artikel mengenai MySql karena menurut saya cukup asik bermain dengan yang ada kaitannya dengan server.
Berawal dari hobi bermain blog atau web tentu sudah cukup terbiasa dengan database. Mulai dari database komentar, posting, dan lain sebagainya. Akhirnya sedikit demi sedikit aku mulai memahami apa itu MySql. Sehingga ketika di sekolah ada pelajaran tentang MySql, sudah tidak terlalu kaget lagi. Kali ini saya akan langsung mempraktekkan cara ekspor dan import database di phpMyAdmin.
Ekspor Database
Untuk mengekspor database silakan masuk ke phpMyAdmin, setelah login pada halaman dashboard atau homenya klik menu Ekspor.

Setelah itu karena kemarin kita membahas tentang database tamu, maka kita coba eksport database tamu yang di dalamnya sudah ada tabel daftar_tamu. Dan langkahnya seperti berikut.






Pada pilihan disini kita akan mengekspor database “tamu”. Maka kita pilih tamu. Selanjutnya pastikan kompres dengan zip centang pilihan berikut:


Klik Go. Oke kamu pun akan langsung mendownload file zip hasil ekspor database kamu.
Import Database
Untuk import database cukuplah mudah, karena hampir sama dengan mengupload sebuah file biasa. Caranya yaitu ekstrak zip hasil eksport tadi (sebenarnya tidak di ekstrak juga bisa, hanya kadang terjadi error pada saat proses upload). Setelah di ekstrak pada menu home silakan pilih Import (Dibawah menu eksport diatas). Kemudian silakan upload file .sql ingat bukan zipnya tapi sql yang sudah di ekstrak tadi.



Setelah itu klik Go, maka proses import pun selesai. Sekian tutorial Cara Ekspor dan Import Database MySql di phpMyAdmin dari saya.mudah mudahan biasa jadi ladang amal kita semua.perbanyak ilmu dan perbanyaklah penyebaran maka insya allah hidup kita dapat berkah.Salam sejahtera untuk kita semua.. :)

0 komentar:

Posting Komentar